Cara menghitung angsuran

Senin, 28 November 2011
Sebagai gambaran jika kita mau kredit di bank/leasing tentang berapa sih besarnya angsuran perbulan sesuai dengan plafon pinjaman kita..? perhitungan ini hanya sebagai gambaran saja karena komponen2 biaya dan bunga berbeda tiap lembaga keuangan, yang penting kita jadi tau rumus perhitungan angsuran.

Prinsip perhitungan itua da 2 macam, yaitu Advance atau angsuran dibayar dimuka dan Arrear atau angsuran dibayar dibelakang. Sekarang kita hitung angsuran dengan bunga flat berdasarkan prinsip Advance dan Arrear.


1. Advance/Angsuran di bayar dimuka

Advance/Addm/Angsuran dibayar dimuka yaitu besarnya angsuran pertama masuk ke komponen biaya  yang harus   dikeluarkan debitur saat akad kredit terjadi. Rumus perhitungan angsurannya sbb:

angsuran = Pokok hutang x 1.bunga
                            Tennor-1.bunga
Misal :
  • Pokok hutang kotor Rp. 50.000.000, 
  • Tennor/jangka waktu pengembalian kredit selama 3 th. (Dalam perhitungan angsuran  tennor dihitung dalam bulan, jadi 3th = 36 bulan)
  • Bunga 12%/th (12% adalah bunga per tahun untuk tenor 3 th. jadi kalau perhitungan angsuran untuk jangka waktu tennor 3 tahun, bunga menjadi 12% x 3 = 36% )
 perhitungan angsurannya sbb:

  Angsuran = Rp.50.000.000  x 1.36
                         36-1.36
                 = Rp.68.000.000,-
                          34.64
                 = Rp. 1.963.048,-
Jadi besarnya angsuran per bulan = Rp. 1.963.048, x 35 bulan

Setelah angsuran kita ketahui, sekarang berapa pokok hutang bersih yang kita terima perhitungannya adalah:
pokok hutang kotor dikurangi dengan total komponen biaya = PH kotor - [Biaya adm + Biaya premi asuransi kendaraan +  angsuran ke-1)

2. Arrear/Angsuran di bayar di belakang

Arrear/Addb/Angsuran dibayar dibelakang yaitu angsuran 1 tidak masuk dalam komponen biaya yang harus dikrluarkan saat akad kredit terjadi. Rumus perhitungan angsurannya sbb :

Angsuran = Pokok hutang x 1.bunga
                              tennor
                 = Rp. 50.000.000,- x 1.36       
                                   36
                 = Rp. 1.888.888,-         
Jadi besarnya angsuran per bulan = Rp. 1.888.888, x 36 bulan

Untuk perhitungan berapa hutang bersih yang kita terima adalah  :
Pokok hutang kotor dikurangi dengan total biaya yang harus dikeluarkan tapi tanpa memasukan angsuran ke-1 = PH kotor - (Biaya adm + biaya premi asuransi kendaraan).

catatan :
  • Pada praktek sesungguhnya bunga Advance lebih rendah dibanding dengan bunga arrear.
  • Dalam perhitungan, bunga dikalikan dengan 1 utk tenor 1th, 2 tenor 2 th, 3 tenor 3 th, dst...
  • Untuk advance, sisa tennor dalam jumlah ganjil  => 11 bulan, 23 bulan, 35 bulan
  • Untuk Arrear, sisa tennor dalam jumlah genap => 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan
  • Dalam perhitungan tennor dihitung dalam jumlah bulan => 1 th (12 bln), 2 th (24 bln), 3 th (36 bln)
Semoga tulisan ini bermanfaat, jika masih ada yang bingung ( yang nulis aja bingung) tanyakan aja lewat kotak komentar ya..              
               

Artikel terkait lainnya :

13 komentar:

Eddy mengatakan...

Posting yang bagus pak, bisa membantu orang yang mencari ilmu mengenai cara menghitung angsuran. Saya ada pertanyaan pak: kenapa waktu menghitung angsuran, tenor (dicontohkan 36) dikurangi 1.bunga (dicontohkan 1.36). Sedangkan ketika menghitung angsuran, tenor tidak dikurangi 1.bunga? Terima kasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

bung edy..dalam ilustrasi saya pake bunga 12% itu adalah bunga per th dalam jangka waktu 3 th, jadi besarnya bunga untuk tenor 3 th adalah 3x12%=36%, sedangkan angka 36 tenor itu karena penghitungan angsuran perbulan jadi dibuat dalam bulan. 3 th=36 bulan. perbedaan perhitungan angsuran advence dan arrear adalah dalam perhitungan pembaginya..kalau advance pembaginya adalah tenor-1.bunga sedangkan pada arrear hanya dibagi tenor..mungkin sperti itu bung edy, mksih atas kunjungannya..

Asep Setiawan mengatakan...

seringkali saya merasa kasihan pada pihak konsumen kita, pada saat teriming iming dengan kredit tanpa potongan jelas jelas beban adm tersebut sudah ada dalam paket kredit tersebut apalagi dengan sistem flat cicilan x tenor bayangkan brapa keuntunganya. MAS BROW

Unknown mengatakan...

@B U L J E F> Memang benar, trik2 marketing seringkali menggunakan bahasa yang menjebak dan menipu konsumen jelas ini tidak sesuai dengan UU perlindungan konsumen..tp sepertinya UU PK masih sebatas hanya meninabobokan konsumen karena implementasi dilapangan sering kali terjadi pembiaran hal sprt itu terus terjadi..Dalam hal promosi angsuran tanpa bunga, tanpa potongan itu hanya trik nakal pelaku usaha untuk menarik konsumen, padahal sebenarnya biaya2 masih ada cuma beda di masalah bahasa saja..ga ada orang yang mau rugi mas brow..thaks atas kunjungannya..

Unknown mengatakan...

Salam sejahtera bagi Anda.
Saya Sodikin dari Sidoarjo, saya mau nanya, saat ini saya kredit kendaraan dengan DP Rp 27.000.000,- plus angsuran pertama dengan leasing Mandiri Tunas Finance. Sedangkan angsuran perbulannya sebesar Rp 2.485.000,- x 47 bulan. Saya sudah mengangsur selama 10 bulan.
Yang ingin saya tanyakan adalah berapakah biaya yang harus saya keluarkan apabila saya ingin melunasinya pada bulan ke 11 dari angsuran saya.
Mohon penjelasannya.
Wassalam

Anonim mengatakan...

Cukup bagus, dgn adanya regulasi dari OJK sekarang yg dulu asuransi dari OTR sekarang asuransi dari Pokok Hutang Bersih. Simulasi nya dunk di beritahukan ke kita

Anonim mengatakan...

MBULET WAE!!!
TANDING BLOG ??????
VISIT MY BLOG!!!!
DIJAMIN ANDA SENANG!!!!
SALAM!!!
ujungpangkahtv.blogspot.com

SMK 9 KALIMANTAN

Mobile App Developers mengatakan...

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

Unknown mengatakan...

Artikelnya sangat bermanfaat, mohon izin untuk perhitungan paket keasing yg katanya ada diskon dan cash back itu bgm ya ? Apa hanya trik saja supaya dp bisa murah, setelah kita lihat harga unit paket leading ternyata koq lebih mahal dh harga yang ada di dealer, contohnya bgn, misal harga unit mobil X Rp 100. Jt, jika kita menggunakan angsuran paket keading, ternyata harga unit lebih mahal, trus ada diskon ini itu tiba tiba dp murninya koq bisa kecil, itu bgm ya, terima kadih sebelumnya.

Henry mengatakan...

Sales Mobil Honda:

Untuk Pemesanan atau Pertanyaan Seputar Mobil Honda dapat Menghubungi:

Henry Irawan
Sales Executive Mobil Honda (Outlet Cikampek)
(PT. Fajar Kumala Motor)

Nomor Handphone:
CALL/SMS/WHATSAPP: 085210684826
CALL/SMS: 085692058165
CALL/SMS: 08811723924

PIN BBM: 7CE168D8
ID LINE: irawanhenry

Rahman Maulana mengatakan...

Simulasi Kredit kendaraan Mobil Honda Brio Total DP 33.000.000 Dengan angsuran 2.400.000 selama 48X , Berarti bunga per tahun lumayan juga ya? sedangkan Harga OTR 116.000.000

muslim mengatakan...

Kurang lebih kaya gto kang karna ane juga di leasing sekarang nih
Mampir ya buat liat produknya http://www.danacepatdantepat.com

Unknown mengatakan...

SAYA IBU SITI, MAU NANYA JIKA SAYA TELAT BAYAR KENDARAAN SELAMA 3 BULAN, ITU HITUNGAN DENDANYA BAGAIMANA

Posting Komentar

Please comment..