Hindari Pelunasan awal yang mencekik

Kamis, 27 September 2012
Setelah bebarapa hal yang bisa dijadikan sebagai petimbangan dalam memilih leasing mana yang tepat di postingan saya terdahulu, sekarang saya coba tulis lagi hal yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih leasing.  Yah...Agar kita tidak salah pilih finance/leasing, biar kita tidak terjebak dalam kebijakan leasing yang mencekik. Di postingan ini saya akan menulis  tentang sistem perhitungan Pelunasan awal.  Pelunasan awal/pelunasan    dipercepat 
adalah pelunasan hutang yang dilakukan oleh konsumen sebelum masa kontrak kredit yang telah disepakati  berakhir.  Misalnya, jangka waktu 
kredit konsumen selama 3 tahun, tapi dalam waktu baru 2 tahun berjalan,  konsumen tersebut melunasi seluruh hutangnya. Tentunya perhitungannya berbeda antara pelunasan normal dengan pelunasan awal.  masalah perhitungan pelunasan awal inilah yang kadang pihak finance/leasing tidak transparans menjelaskan kepada konsumennya, Sehingga begitu konsumen akan melakukan pelunasan awal,  baru merasa kaget dan kecewa dengan perhitungan pelunasan awal yang harus dibayar oleh konsumen ternyata tidak lazim.

Dalam hal sistem perhitungan pelunasan awal, tiap leasing berbeda-beda. Umumnya perbedaan terletak pada besarnya pinalti.  pinalti itu adalah keharusan untuk membayar sejumlah uang karena melanggar sesuatu yang disepakati. Besarnya pinalti yang diterapkan tiap leasing berkisar antara 0,5 % - 7 %. Besarnya pinalti dihitung dari sisa hutang pokok konsumen. Selain pinalti juga ada biaya administrasi pelunasan, denda angsuran yang telah dilewati (Kalau ada)

Jumlah pelunasan awal yang harus dibayar :
 = sisa pokok pinjaman + pinalti+denda2 keterlamatan(kalau ada)+adm pelunasan

Yang perlu kita hindari adalah finance/leasing yang menerapkan perhitungan pelunasan awalnya yang tidak fair dan tidak masuk akal.  Perhitungan pelunasan awal finance ini berdasarkan dari sisa total hutang konsumen, baru kemudian dikurangi dengan discount yang jumlahnya tidak seberapa. Sisa total hutang itu adalah jumlah angsuran x sisa waktu kredit. Perhitungan pelunasan  awal yang mencekik konsumen ini adalah sbb:

Angsuran perbulan x sisa waktu kredit yang akan dilunasi + Denda keterlambatan (Kalau ada) +Biaya Adm pelunasan - discount pelunasan

 Discont diberikan dalam jumlah yang tidak seberapa alias kecil sekali, biasanya berkisar antara Rp. 50.000 - Rp. 500.000,-
Finance yang menerapkan sistem pelunasan awal seperti ini, biasanya baik pihak marketing ataupun Customer service tidak pernah menjelaskannya kepada konsumen.  Ataupun jika konsumen bertanya, mereka hanya menjelaskan tentang adanya "potongan /diskon" saja, tidak menjelaskan perhitungannya secara detail. Karena mereka tahu, kalau menjelaskannya secara detail konsumen pasti akan lari. strategi yang curang..sengaja menjebak konsumen dalam aturan yang tidak bisa ditawar.

Jika ada konsumen merasa keberatan dengan perhitungan itu, pihak finance berusaha untuk meredam kekecewaan konsumen dengan menyodorkan form penawaran diskon, dan biasanya lagi hasilnya tetap tidak berubah dari jumlah semula 

Pesan saya,  sebelum kita memutuskan untuk menandatangani kontrak perjanjian pembiayaan kosumen dengan pihak finance, hati-hatilah..
  • Cari informasi yang sebanyak-banyak dulu tentang finance tsb, agar nantinya kita tidak menyesal.
  • Mintalah copy perjanjian konsumen yang kita tanda tangani, yang didalamnya juga berisi aturan  yang menyangkut hak dan kewajiban kedua belah pihak, agar kita punya dasar dalam pengajuan keberatan kita nanti.
  • Pilihlah leasing/finance yang  pinalti pelunasannya kecil.
  • Jika kita sudah terlanjur menjadi konsumen finance seperti ini, Yah...jangan melakukan pelunasan awal. Karena perhitungannya tidak beda dengan lunas normal. Setelah itu jangan pernah mau jadi konsumen mereka lagi.

Demikian semoga bermanfaat...Terima kasih telah mampir di blog saya..











Artikel terkait lainnya :

31 komentar:

Anonim mengatakan...

Tidak Hanya finance.. Kredit Bank BRI menerapkan untuk penutupan awal atau Top Up menghitung angsuran x sisa bulan..
Berlaku mulai 1 Oktober 2013

Anonim mengatakan...

Ga penuh ko gan..masih ada keringanan bunganya..BI yg ngatur

Unknown mengatakan...

aneh posting teh ,..nya mun buga duit mah nya mendingan dilunasan weh da hutang mah tetep kudu dibayar,... mun teu boga duit jang ngalunasan kakara kredit terus...

Unknown mengatakan...

Bener G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ info y cos saya berniat nglunasin utang saya d BRI

go 2020 mengatakan...

Saya di jogja.
25 juni 2014 harus ke leasing karena avanza ku udah saya sign in karantina 7 hari.
macet kredit 2 bulan.
yg baca conen saya,if u get free time sms me at 087839931974
segera.

Unknown mengatakan...

AKHIR TAHUN KREDIT! AKHIR TAHUN KREDIT !! AKHIR TAHUN KREDIT !!!
Halo, pencari pinjaman kami menyambut Anda ke perusahaan pinjaman swasta yang bertekad melepaskan kekayaan dan Pemberantasan stres dan kemiskinan.
Pembiayaan Properti sering dapat menjadi tantangan nyata - memakan waktu, frustasi, mahal - tanpa akses ke koneksi yang tepat dan keahlian dalam menerapkan pendekatan yang benar. Berikut adalah berita baik kami menawarkan semua jenis s pinjaman dengan cara apapun yang Anda inginkan itu. Dalam segala sesuatu yang kita lakukan, kita menerapkan "K.I.S.S." Rumus - karena kita percaya pada "Menjaga It Simple Amat". Bisnis kami hanya membantu Pengembang Properti, Investor Properti, Perusahaan Terbatas dan Bisnis Lokal dan Individu memperoleh dana yang mereka butuhkan, cepat, efisien, dengan syarat dan suku bunga 2% yang terbaik. Dari di seluruh pasar, apakah itu Inggris DEVELOPMENT FINANCE - Bridging FINANCE - KREDIT PERUMAHAN PROPERTI KOMERSIAL - BELI UNTUK LET PORTOFOLIO KREDIT, dll Kami akan menawarkan pembiayaan yang tepat untuk memungkinkan klien kami untuk tumbuh dan berkembang dengan mencapai satu atau lebih dari tiga fundamental bisnis:
Hubungi kami hari ini via Email Anda {} sarahmantiwongloanhome@gmail.com atau sarahmantiwongfinancialsolution@yahoomail.com.

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Augustina Nassurudin Wibawa, dan karena situasi keras di Indonesia, hal menjadi sangat sulit bahwa saya tidak punya uang untuk bahkan memiliki tiga kali makan. Saya diarahkan ke beberapa online Lender Pinjaman yang mengklaim mereka adalah pemberi pinjaman pinjaman sah dan bahkan bersumpah dengan kehidupan mereka dan keluarga tapi setelah semua ini, saya masih tidak menerima pinjaman saya. Saya ditipu dari 22.000 USD sampai seorang pendeta dari Amerika Serikat bernama pastor iblazer mengarahkan saya kepada Ibu Sarah, CEO Sarah Wong Pinjaman Home, pada awalnya saya fely enggan dan bersumpah aku tidak akan pernah menjadi korban lagi tapi mengejutkan terbesar saya , saya menerima pinjaman saya setelah 28 jam dan satu-satunya Fee saya dikenakan adalah biaya transfer Pinjaman saya. Anda dapat menulis ke Sarah Wong Pinjaman Rumah Melalui sarahmantiwonhloanhome@gmail.com. Teman-teman saya, itu begitu nyata bahkan di antara orang-orang jahat, Tuhan masih dikirim Mrs. Sarah sebagai pembantu saya Semua berkat nya ann Mei. Untuk mahkota itu semua, saya mendapat semua uang saya saya telah defraude dari karena mereka membantu saya melacak pencuri melalui thier departemen waspada penipuan.
Tuhan memberkati kaya dan keluarganya.

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Augustina Nassurudin Wibawa, dan karena situasi keras di Indonesia, hal menjadi sangat sulit bahwa saya tidak punya uang untuk bahkan memiliki tiga kali makan. Saya diarahkan ke beberapa online Lender Pinjaman yang mengklaim mereka adalah pemberi pinjaman pinjaman sah dan bahkan bersumpah dengan kehidupan mereka dan keluarga tapi setelah semua ini, saya masih tidak menerima pinjaman saya. Saya ditipu dari 22.000 USD sampai seorang pendeta dari Amerika Serikat bernama pastor iblazer mengarahkan saya kepada Ibu Sarah, CEO Sarah Wong Pinjaman Home, pada awalnya saya fely enggan dan bersumpah aku tidak akan pernah menjadi korban lagi tapi mengejutkan terbesar saya , saya menerima pinjaman saya setelah 28 jam dan satu-satunya Fee saya dikenakan adalah biaya transfer Pinjaman saya. Anda dapat menulis ke Sarah Wong Pinjaman Rumah Melalui sarahmantiwonhloanhome@gmail.com. Teman-teman saya, itu begitu nyata bahkan di antara orang-orang jahat, Tuhan masih dikirim Mrs. Sarah sebagai pembantu saya Semua berkat nya ann Mei. Untuk mahkota itu semua, saya mendapat semua uang saya saya telah defraude dari karena mereka membantu saya melacak pencuri melalui thier departemen waspada penipuan.
Tuhan memberkati kaya dan keluarganya.

adrisyah mengatakan...

Yg jelas mas itung2an bunganya waktu saya pinjem di BRI dewi sartika jaktim itu bener2 ga jelas. Ditanya kenapa bunganya gede banget, cuma dibilang dari BI n udah dari pusat begitu tuh keluarnya di aplikasi. Ditanya rumusnya apa, ga tau jawabnya. Yg tau programmernya. Lah yg tau kalo programmernya salah siapa? Kan dasarnya peraturan yg ada di BRI. Peraturannya apa? ..
(Again) " ga tau dari pusat.. " @_@

Iwan Pertama mengatakan...

Info untuk kredit tanpa agunan bisa apply di sini semoga bosa di bantu sampai proses cair....
Kta qnb
Kta anz
Hub 085775105352

debra morgan mengatakan...

Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
$ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika kamu
membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
di: morgandebra1986@gmail.com
Tuhan Memberkatimu.
Salam,
Mrs Morgan debra
Email: morgandebra1986@gmail.com


Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

Anonim mengatakan...

Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

PEMINJAM DATA'S
(1) Nama Lengkap:
(2) Negara:
(3) Alamat:
(4) Kota:
(5) Sex:
(6) Status Pernikahan:
(7) Bekerja:
(8) Nomor Ponsel:
(9) Penghasilan Bulanan:
(10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
(11) Jangka waktu pinjaman:
(12) Tujuan Pinjaman:

Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

Anonim mengatakan...

Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

PEMINJAM DATA'S
(1) Nama Lengkap:
(2) Negara:
(3) Alamat:
(4) Kota:
(5) Sex:
(6) Status Pernikahan:
(7) Bekerja:
(8) Nomor Ponsel:
(9) Penghasilan Bulanan:
(10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
(11) Jangka waktu pinjaman:
(12) Tujuan Pinjaman:

Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

E-Mail: jenniferdawsonloanfirm@gmail.com

Anonim mengatakan...

FIF juga begitu curang, mau di lunasi sama diangsur tiap bulan kagak ada bedanya. Kapok deh.

Victoria Loans mengatakan...

Hello Kekasih di dalam Kristus,
Saya Menteri VICTORIA Osteen, Isteri kepada Pastor Joel Osteen Pastor Kanan Gereja Lakewood, gereja Protestan yang terbesar di Amerika Syarikat, Kami datang bersama-sama dan melihat bahawa sesetengah orang memerlukan sedikit bantuan kewangan dan bantuan jadi kami mengambil keputusan untuk membentuk sebuah syarikat pinjaman yang memberi manfaat oleh semua orang di atas 18, anda adalah daripada tidak penting tetapi apa yang kita jaminan anda adalah bahawa anda layak untuk pinjaman, anda mendapatkannya penghantaran hari yang sama ke akaun bank anda dengan syarat,
Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
Syarat-syarat pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan

Hubungi syarikat pinjaman secara sah dan secara rasmi berlesen yang ialah Victoria Osteen Firma Pinjaman, A christian dibina Syarikat Pinjaman.
Untuk maklumat lanjut e-mel- victoriaosteenloanfirm@gmail.com

Mobile App Developers mengatakan...

That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

Toni aris mengatakan...

wowww amazing mas.....infonya bagus trksh

Anonim mengatakan...


Segala puji bagi Allah, yang Anda cari pinjaman? silahkan saya sarankan semua orang di sini sangat hati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di sini. Saya telah menjadi korban dari sebuah pemberi pinjaman 8-kredit palsu, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri. saya baru saja keluar dari penjara dan seorang teman saya memperkenalkan saya ke kreditur pinjaman yang saya mencoba karena saya tidak punya pilihan selain untuk mencoba pinjaman asli dan pemberi pinjaman. Saya mendapat pinjaman saya dari CHLOEMORRISLOANFIRM tanpa stres, jadi saya memutuskan untuk membuat kesaksian ini. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menghubungi CHLOEMORRISLOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. chloemorrisloanfirm@gmail.com,.
Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang harsiniyono@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

Unknown mengatakan...

orangutan Saya, Nama saya mariam, allah Telah Menjawab doa Saya. Saya Telah Mencari Bentuk Pinjaman beberapa Perusahaan Pinjaman untuk review beberapa Saat sekarang mereka mengatakan Kepada Saya untuk review Membayar beberapa mencakup biaya Aplikasi Yang Saya lakukan, mereka mengatakan Kepada Saya untuk review Membayar biaya lain Yang Penghasilan kena pajak mencakup biaya Yang Saya akan get Pinjaman Saya Saya Membayar Uang Kepada mereka SEMUA Suami Adalah untuk review get Uang untuk review Bisnis Saya. Saya merasa frustrasi, Penghasilan kena pajak beberapa Saat Saya Melihat hal Kesaksian Diposkan sameone Saya menghubungi orangutan tersebut Dan dia mengatakan Kepada Saya bahwa Pemberi Pinjaman Pinjaman memberinya Pinjaman, Jadi Saya menghubungi Perusahaan Dan diterapkan untuk review Pinjaman DENGAN Tingkat Dari Minat 3% Yang Saya Dibayar untuk review mereka, mereka mengatakan Kepada Saya bahwa hearts 72 jam Saya akan get Pinjaman Saya, ketika suami Saya Datang dia Sangat marah Padaku TAPI purprise Terbesar Saya 4 hari Saya mendapat alart, akhirnya Pinjaman Telah Datang Dari Alyssa Dabura. Jadi jika Andari Membutuhkan Pinjaman Mencoba mengunjungi mereka di (alyasaadaburahlenders@gmail.com)
terima kasih Kepada ALLAH

bagus mengatakan...

Yang menghitung Angsuran * sisa bulan itu BII/maybank. Jangan Aply BII/Maybank untuk kendaraan, salesnya menutup informasi diawal ketika ditanya pelunasan dipercepat.

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Rose Reed, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (rosereedloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami. Ibu Reed.

dieon mengatakan...

Informasi Cash dan kredit mobil honda?
Klik http://hondasolobaru.net

Unknown mengatakan...



Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan, mengembangkan bisnis skala kecil atau menengah Anda? Ibu Elizabeth Louis Pinjaman Perusahaan memberikan kesempatan untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan dengan memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% untuk awal untuk setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Ibu Elizabeth Louis untuk LOAN Anda hari ini melalui email: elizabethlouisloancompany@gmail.com

Yuni hartini mengatakan...

Saya sbg konsumen BCA Finance benar2 kecewa dan nyesek dg skema pelunasan awalnya.
Pinjaman saya dg tenor 60 bulan, sudah masuk cicilan ke 37.
ketika pelunasan msh sisa 67jtan pokok+bunga, hanya dikurangi nominal "discount 5jt (sudah gabungan penalti 5% - bunga yg)"
ketika ditanya rincian pokok dan bunga pihak CS dan Marketing tidak bisa memberikan, dg alasan kebijakan perusahaan.
Bayangkan dari total bunga 5 tahun sebesar 47jtaan, itu artinya sama saja dengan pinjaman yg hanya 3 tahun saya bayar lunas bunga dg hitungan 5tahun.
Saya mengerti bahwa pada angsuran awal bunga yang dikenakan akan lebih besar proposinya daripada pokok, tapi benar2 diluar logika ternyata setelah 3 tahun mencicil saya harus membayar hampir penuh.

Burham alamsya mengatakan...

"Sebelumnya saya haturkan matur thank you kepada Pondok Supranatural Inti Tunggal. Walaupun hanya mendapat Bantuan 7 Milyar, tapi perekonomian saya sdh bisa membaik, sampai saat ini Dana Ghoib yang bpk berikan terus bertambah, Karena saya kembangkan di saham,  Bagi saudara-saudaraku yang butuh dana mendesak, buruan aja konsultasi ke beliau. mengingat Mahar yg ditawarkan Pondok supranatural inti tunggal juga tidak terlalu mahal dibanding seller lainnya dan satu lagi setiap Peserta yang mengambil Program Hibah Dana Gaib akan dicarikan khodam yg sesuai dgn yang bersangkutan (buyer) jadi jangan takut." silakan kunjungi www.danagaib.xtgem.com

Anonim mengatakan...

Hati hati dengan mitsui leasing, untuk pelunasan awal mrk kenalan biaya biaya macam2 mulai dari denda, amortisasi hingga administrasi. Nga lagi dengan mitsui deh..

Margaret Pedro mengatakan...

halo
Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! MARGARET PEDRO KREDIT PERUSAHAAN memberikan fasilitas pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami hari ini melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
APLIKASI DATA
1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Sex:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi sekarang dan tempat kerja:
10) Pendapatan Bulanan:
11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
16) Tanggal Lahir:
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Pelunasan dipercepat di BCA finance ternyata ngitungnya bukan dari sisa hutang pokoknya saja tetapi disuruh bayar beserta bunga2nya juga,meskipun ada diskon tetapi diskon sedikit sekali tidak sebanding dengan jumlah sisa bunga yang seharusnya mengurangi sisa hutang kita,seharusnya kalo sudah dilunasi diawal bunga tidak dibebankan sama konsumen.SAYA KECEWA dengan BCA Finance

Chloe Morrison mengatakan...


Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

Informasi Peminjam:
Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________


CHLOEMORRISLOANFIRM
(chloemorrisloanfirm@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Kami menawarkan pinjaman pada kadar faedah 2% untuk tujuan perniagaan dan persendirian memohon (daviesruthfir​​m@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Kami menawarkan pinjaman pada kadar faedah 2% untuk tujuan perniagaan dan persendirian memohon (daviesruthfir​​m@gmail.com)

Posting Komentar

Please comment..