SELAMATKAN INDONESIA DARI PRODUK-PRODUK BERBAHAN KIMIA BERBAHAYA~~~LET'S SAVE INDONESIA

Cara menghitung angsuran

Senin, 28 November 2011
Sebagai gambaran jika kita mau kredit di bank/leasing tentang berapa sih besarnya angsuran perbulan sesuai dengan plafon pinjaman kita..? perhitungan ini hanya sebagai gambaran saja karena komponen2 biaya dan bunga berbeda tiap lembaga keuangan, yang penting kita jadi tau rumus perhitungan angsuran.

Prinsip perhitungan itua da 2 macam, yaitu Advance atau angsuran dibayar dimuka dan Arrear atau angsuran dibayar dibelakang. Sekarang kita hitung angsuran dengan bunga flat berdasarkan prinsip Advance dan Arrear.


1. Advance/Angsuran di bayar dimuka

Advance/Addm/Angsuran dibayar dimuka yaitu besarnya angsuran pertama masuk ke komponen biaya  yang harus   dikeluarkan debitur saat akad kredit terjadi. Rumus perhitungan angsurannya sbb:

angsuran = Pokok hutang x 1.bunga
                            Tennor-1.bunga
Misal :
  • Pokok hutang kotor Rp. 50.000.000, 
  • Tennor/jangka waktu pengembalian kredit selama 3 th. (Dalam perhitungan angsuran  tennor dihitung dalam bulan, jadi 3th = 36 bulan)
  • Bunga 12%/th (12% adalah bunga per tahun untuk tenor 3 th. jadi kalau perhitungan angsuran untuk jangka waktu tennor 3 tahun, bunga menjadi 12% x 3 = 36% )
 perhitungan angsurannya sbb:

  Angsuran = Rp.50.000.000  x 1.36
                         36-1.36
                 = Rp.68.000.000,-
                          34.64
                 = Rp. 1.963.048,-
Jadi besarnya angsuran per bulan = Rp. 1.963.048, x 35 bulan

Setelah angsuran kita ketahui, sekarang berapa pokok hutang bersih yang kita terima perhitungannya adalah:
pokok hutang kotor dikurangi dengan total komponen biaya = PH kotor - [Biaya adm + Biaya premi asuransi kendaraan +  angsuran ke-1)

2. Arrear/Angsuran di bayar di belakang

Arrear/Addb/Angsuran dibayar dibelakang yaitu angsuran 1 tidak masuk dalam komponen biaya yang harus dikrluarkan saat akad kredit terjadi. Rumus perhitungan angsurannya sbb :

Angsuran = Pokok hutang x 1.bunga
                              tennor
                 = Rp. 50.000.000,- x 1.36       
                                   36
                 = Rp. 1.888.888,-         
Jadi besarnya angsuran per bulan = Rp. 1.888.888, x 36 bulan

Untuk perhitungan berapa hutang bersih yang kita terima adalah  :
Pokok hutang kotor dikurangi dengan total biaya yang harus dikeluarkan tapi tanpa memasukan angsuran ke-1 = PH kotor - (Biaya adm + biaya premi asuransi kendaraan).

catatan :
  • Pada praktek sesungguhnya bunga Advance lebih rendah dibanding dengan bunga arrear.
  • Dalam perhitungan, bunga dikalikan dengan 1 utk tenor 1th, 2 tenor 2 th, 3 tenor 3 th, dst...
  • Untuk advance, sisa tennor dalam jumlah ganjil  => 11 bulan, 23 bulan, 35 bulan
  • Untuk Arrear, sisa tennor dalam jumlah genap => 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan
  • Dalam perhitungan tennor dihitung dalam jumlah bulan => 1 th (12 bln), 2 th (24 bln), 3 th (36 bln)
Semoga tulisan ini bermanfaat, jika masih ada yang bingung ( yang nulis aja bingung) tanyakan aja lewat kotak komentar ya..              
               

Artikel terkait lainnya :

7 komentar:

Eddy mengatakan...

Posting yang bagus pak, bisa membantu orang yang mencari ilmu mengenai cara menghitung angsuran. Saya ada pertanyaan pak: kenapa waktu menghitung angsuran, tenor (dicontohkan 36) dikurangi 1.bunga (dicontohkan 1.36). Sedangkan ketika menghitung angsuran, tenor tidak dikurangi 1.bunga? Terima kasih sebelumnya

Deedyienz mengatakan...

bung edy..dalam ilustrasi saya pake bunga 12% itu adalah bunga per th dalam jangka waktu 3 th, jadi besarnya bunga untuk tenor 3 th adalah 3x12%=36%, sedangkan angka 36 tenor itu karena penghitungan angsuran perbulan jadi dibuat dalam bulan. 3 th=36 bulan. perbedaan perhitungan angsuran advence dan arrear adalah dalam perhitungan pembaginya..kalau advance pembaginya adalah tenor-1.bunga sedangkan pada arrear hanya dibagi tenor..mungkin sperti itu bung edy, mksih atas kunjungannya..

B U L J E F mengatakan...

seringkali saya merasa kasihan pada pihak konsumen kita, pada saat teriming iming dengan kredit tanpa potongan jelas jelas beban adm tersebut sudah ada dalam paket kredit tersebut apalagi dengan sistem flat cicilan x tenor bayangkan brapa keuntunganya. MAS BROW

Amron Falahudin mengatakan...

@B U L J E F> Memang benar, trik2 marketing seringkali menggunakan bahasa yang menjebak dan menipu konsumen jelas ini tidak sesuai dengan UU perlindungan konsumen..tp sepertinya UU PK masih sebatas hanya meninabobokan konsumen karena implementasi dilapangan sering kali terjadi pembiaran hal sprt itu terus terjadi..Dalam hal promosi angsuran tanpa bunga, tanpa potongan itu hanya trik nakal pelaku usaha untuk menarik konsumen, padahal sebenarnya biaya2 masih ada cuma beda di masalah bahasa saja..ga ada orang yang mau rugi mas brow..thaks atas kunjungannya..

nia transjuanda mengatakan...

Salam sejahtera bagi Anda.
Saya Sodikin dari Sidoarjo, saya mau nanya, saat ini saya kredit kendaraan dengan DP Rp 27.000.000,- plus angsuran pertama dengan leasing Mandiri Tunas Finance. Sedangkan angsuran perbulannya sebesar Rp 2.485.000,- x 47 bulan. Saya sudah mengangsur selama 10 bulan.
Yang ingin saya tanyakan adalah berapakah biaya yang harus saya keluarkan apabila saya ingin melunasinya pada bulan ke 11 dari angsuran saya.
Mohon penjelasannya.
Wassalam

Anonim mengatakan...

Cukup bagus, dgn adanya regulasi dari OJK sekarang yg dulu asuransi dari OTR sekarang asuransi dari Pokok Hutang Bersih. Simulasi nya dunk di beritahukan ke kita

Anonim mengatakan...

MBULET WAE!!!
TANDING BLOG ??????
VISIT MY BLOG!!!!
DIJAMIN ANDA SENANG!!!!
SALAM!!!
ujungpangkahtv.blogspot.com

SMK 9 KALIMANTAN

Poskan Komentar

Please comment..