Bahaya dibalik mainan anak

Selasa, 06 November 2012
Orang tua mana yang tidak ingin menyenangkan buah hatinya. Salah satu cara untuk membuat anak kita bahagia adalah dengan memberinya mainan. Disamping  membuat anak senang juga bisa merangsang kecerdasan otak mereka. Bermacam jenis mainan anak saat ini dengan mudah bisa didapatkan. Dari mal-mal sampai ke kaki lima mainan anak berjejer rapi dalam berbagai bentuk, jenis dan warna, serta mulai dari  produk lokal sampai mainan import.

Tapi sekarang kita harus lebih hati hati lagi, karena ada bahaya yang mengancam kesehatan anak-anak kita dibalik mainan anak-anak yang mungkin telah kita beli untuk mereka. Karena di dalam mainan anak-anak tersembunyi zat-zat kimia yang sangat berbahaya.

Berdasarkan uji sampel yang dilakukan oleh YLKI terhadap  beberapa jenis mainan anak-anak,  ternyata hasilnya adalah sebagian besar produk mainan anak-anak yang beredar dipasaran tidak aman untuk anak, karena mengandung logam berat yang berbahaya bagi kesehatan. Bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam mainan anak-anak berasal dari cat atau zat warna yang ditambahkan oleh para produsen pada mainan anak-anak tersebut. Logam berat berbahaya itu antara lain : Mercury (Hg), Timbal (Pb), kromiun (Cr) dan kadmium (Kd).

Berikut adalah pengaruh logam berat berbahaya tersebut  terhadap kesehatan:
Mercury (Hg), Menyebabkan kerusakan keseimbangan, tuli, bronkhitis, kerusakan paru-paru dan gagal ginjal.
Timbal (Pb), Menyebabkan gelisah, lemas, depresi, merusak sistem pencernaan, mual, diare, merusak sistem saraf pusat.
Krom (Cr), Menyebabkan kanker paru-paru, kerusakan hati dan ginjal. Bila terkena kulit menyebabkan iritasi,. Jika tertelan menyebabkan mual dan muntah. 
Kadmium (Kd), Merusak pembuluh darah, gagal jantung dan gagal ginjal.

Kandungan logam berat pada mainan berpotensi masuk ke tubuh anak karena cat mudah terkelupas, sehingga bisa masuk ke tubuh anak lewat saluran pernafasan atau menempel di kulit masuk lewat pori-pori kulit serta melalui mulut masuk ke saluran pencernaan anak.  Zat kimia berbahaya yang masuk ke tubuh anak kemudian menyebar ke berbagai organ lewat sistem peredaran darah. Penimbunan logam berat berbahaya dalam tubuh akan merusak organ-organ tubuh, yang bisa menyebabkan kecacatan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus lebih selektif lagi untuk memilih mainan yang aman untuk anak kita. Karena anak adalah asset  masa depan kita, Jangan sampai keinginan kita untuk membahagiakan buah hati kita ternyata menimbulkan petaka di kemudian hari.

Demikian semoga bermanfaat..

Artikel terkait lainnya :

4 komentar:

UX Designers Delhi mengatakan...

Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

UX Designers Delhi mengatakan...

I certainly agree to some points that you have discussed on this post. I appreciate that you have shared some reliable tips on this review.

web designers pitampura mengatakan...

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Anonim mengatakan...

Thank, Visit our web because lots of info and interesting things in it.

Posting Komentar

Please comment..