Ciri-ciri makanan berbahaya

Rabu, 07 November 2012
Teliti sebelum membeli adalah sesuatu  yang memang harus kita lakukan sebelum kita memutuskan untuk membeli sesuatu. Terutama saat kita memutuskan untuk membeli makanan, karena saat ini banyak sekali produsen nakal yang mencampur produk makanannya dengan zat kimia berbahaya. Lagi-lagi alasan demi keuntungan berlipat mengesampaingkan resiko berbahaya yang timbul akibat megkonsumsi produk makanan tersebut. Bahan-bahan kimia berbahaya yang biasanya dipakai sebagai campuran makanan yaitu: Borax, Formalin, pewarna tekstil Rhodamin B dan methanyl yellow.

Produk makanan yang bercampur zat kimia berbahaya sebenarnya mudah sekali dikenali dari bentuk fisiknya, yaitu dari tekstur, warna, rasa dan bau yang ada pada produk makanan berzat kimia berbahaya itu. Berikut ciri-ciri makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Ciri makanan yang mengandung formalin.
  • Tidak lengket, lebih mengkilap dan tidak rusak selama dua hari pada suhu kamar, dan bertahan lebih dari 15 hari dalam kulkas,  Biasanya terdapat pada mie basah berformalin.
  • teksturnya terlampau keras, kenyal, tidak rusak selama 3 hri dalam suhu ruang dan lebih ddari 15 hari dalam kulkas, biasanya terdapat pada tahu berformalin.
  • Warna insang merah tua tidak cerah, bukan merah segar, warna daging putih bersih, biasanya terdapat pada ikan berformalin.
  • Warna bersih cerah, tidak berbau khas ikan asin, tidak dihinggapi lalat, biasanya terdapat pada ikan asin berformalin.
  • Teksturnya sangat kenyal, rasa agak pait, biasanya terdapat pada bakso berformalin.
  • Teksturnya sangat kencang, warna daging merah tidak segar, tidak disukai lalat biasanya terdapat pada daging ayam berformalin.

Ciri makanan yang mengandung boraks
  • Teksturnya kenyal, lebih mengkilat, tidak lengket dan tidak mudah putus, biasanya terdapat pada mie basah.
  • Teksturnya sangat kenyal, warna keputihan, biasanya terdapat pada bakso.
  • Teksturnya sangat kenyal, berasa tajam, rasanya sangat gurih dan memberikan rasa getir, biasanya terdapat pada makanan ringan.

Ciri makanan yang mengandung pewarna Rhodamin B dab methanyl yellow
  • Warnanya mencolok, cerah mengkilap, warnanya tidak homogen (ada yang menggumpal), rasanya sedikit pahit, dan menimbulkan rasa gatal di tenggorokan setelah mengkonsumsinya.

Demikian ciri-ciri makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya..

Artikel terkait lainnya :

3 komentar:

UX Designers Delhi mengatakan...

Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

web designers pitampura mengatakan...

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

Samsun cilingir mengatakan...

Selam admin tenku web site super basarilarinizin devamini bekleriz

Posting Komentar

Please comment..