Sisi lain kolektor leasing

Rabu, 31 Oktober 2012
Tulisan saya kali ini mencoba untuk menelusuri  sisi lain  kolektor leasing mobil. Pertama coba kita memisahkan antara karakter seseorang dengan  profesi seseorang. karena tidak semua kolektor leasing ternyata  segarang dan sok preman seperti image yang selalu melekat pada sosok dengan profesi sebagai tukang tagih ini. Kolektor leasing juga manusia biasa, mereka hanyalah seorang karyawan, seorang buruh yang punya rasa takut kehilangan pekerjaannya, yang berjuang tak kenal lelah dan tak kenal waktu demi untuk kelangsungan hidup dirinya dan keluarganya, berjuang  agar nafas dan nasibnya bisa terus berjalan ditengah  kondisi yang semakin sulit.

»» Baca selengkapnya.....

Menghitung denda angsuran mobil

Jumat, 26 Oktober 2012
Jika kita membayar angsuran mobil melewati tanggal jatuh tempo, maka ada biaya lagi yang harus kita keluarkan yaitu denda keterlambatan angsuran. Denda keterlambatan angsuran bisa dibayarkan bersamaan dengan angsuran pokoknya bisa juga dibayarkan dilain waktu, tergantung sistem yang diterapkan oleh leasing ybs. Tapi sebaiknya denda dibayar langsung bersama angsuran pokoknya, karena jika dibayarkan pada akhir periode angsuran akan terasa berat, sebab terjadi perhitungan akumulasi denda dari setiap keterlambatan yang harus kita bayar.
»» Baca selengkapnya.....

Menghitung angsuran mobil

Kamis, 25 Oktober 2012
Dalam artikel saya ini, saya coba menerapkan perhitungan angsuran dan Pokok hutang bersih yang istilah dilapangan adalah disebut pencairan dalam perhitungan seperti kenyataan yang terjadi di lapangan.  Bagi yang belum paham silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang rumus menghitung angsuran atau Klik disini

Dalam kenyataan di lapangan, CMO dituntut untuk cepat memberikan tanggapan jika dealer/showroom menanyakan perhitungan, karena dealer pun menginginkan jawaban yang cepat untuk disampaikan ke calon pembeli.  Bisa jadi jika perhitungan yang kita sampaikan ke dealer cocok dengan apa yang diinginkan oleh mereka, itu merupakan order yang akan mereka berikan untuk kita.

»» Baca selengkapnya.....

Debt collector leasing

Rabu, 24 Oktober 2012
Yang dimaksud dengan Debt collector/external yaitu pihak ketiga yang diperbantukan oleh perusahaan finance/leasing untuk menyelasaikan kredit bermasalah yang tidak bisa ditangani oleh kolektor reguler. jadi debt collector external bukanlah berstatus sebagai karyawan perusahaan, tetapi pihak diluar perusahaan yang diberi kuasa untuk bekerja atas nama leasing untuk menangani konsumen yang mengalami gagal bayar/kredit macet.

Sebagai pihak yang diberi tugas berdasarkan kesepakatan,  tentunya ada imbalan yang akan diterima oleh debt collector atas penyelasaian tugas yang dikuasakan kepadanya. Negoisasi besar kecilnya  imbalan/fee yang akan diterima oleh debt kolektor biasanya tergantung dari tingkat kesulitan dan resiko yang dihadapi. Imbalan atau disebut "succes fee" baru diberikan oleh leasing setelah debt collector berhasil melaksanakan tugasnya.

»» Baca selengkapnya.....

Profesi konsumen berpotensi bad debt

Senin, 22 Oktober 2012
Salah satu asset utama yang dimiliki oleh finance/leasing adalah konsumen-konsumen yang dimilkinya. Kuantitas yang dibarengi dengan kualitas konsumen yang dimilki oleh leasing sangat berpengaruh terhadap keuntungan dan kerugian yang akan dialami oleh leasing. Sehingga kuantitas konsumen yang didukung dengan kualitas berpengaruh positif terhadap tumbuh kembangnya suatu perusahaan finance/leasing. Oleh karena itu suatu leasing tak henti-hentinya mencari formula dan strategi yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan. Evaluasi dari setiap kebijakan yang telah berjalan semata-mata bertujuan  untuk meraih keuntungan yang hendak dicapai dari kegiatan usaha yang dijalankannya.

»» Baca selengkapnya.....

Awas BPKB palsu

Sabtu, 20 Oktober 2012
Hati-hati jika ada tawaran untuk membeli mobil second dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga di pasaran, jangan-jangan itu adalah mobil bodong dengan Bpkb aspal alias asli tapi palsu. karena tidak ada orang yang bodoh dan mau rugi kalau menyangkut soal uang.  Makanya kehati-hatian dan waspada itu harus,  agar kita terhindar dari  hal-hal yang jauh lebih buruk lagi di kemudian hari.

Penjualan kendaraan dengan Bpkb palsu saat ini semakin marak terjadi dan telah memakan banyak korban. Korbannya bukan saja para konsumen, tapi juga para pemilik mobil, pengusaha rental mobil, leasing dan koperasi.

»» Baca selengkapnya.....

Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Kamis, 18 Oktober 2012
Syarat pengambilan BPKB yang diwakilkan/dikuasakan ke orang lain :

1.  Melampirkan Surat kuasa pengambilan BPKB
2.  Melampirkan Kwitansi pelunasan/pembayaran angsuran yang terakhir
3.  Melampirkan KTP asli  atas nama kredit (Pemberi kuasa)
4.  Melampirkan KTP asli pihak yang mengambil BPKB (Penerima Kuasa)

Berikut adalah contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB


»» Baca selengkapnya.....

Kenakalan Marketing Kredit (CMO)

Rabu, 17 Oktober 2012
CMO atau Credit Marketing Officer adalah bagian dari divisi pemasaran dari perusahaan pembiayaan/finance/leasing yang mempunyai tugas memasarkan produk pembiayaan,  mencari nasabah, memproses aplikasi pembiayaan, melakukan survey kelayakan konsumen dan membina hubungan baik dengan dealer/showroom.  Jadi disamping sebagai seorang marketing CMO juga bagian dari analis kredit. Sebagai bagian dari analis kredit, CMO mempunyai wewenang untuk merekomendasikan layak dan tidaknya konsumen untuk mendapat fasilitas pembiayaan. Oleh karena itu, kuantitas dan kualitas konsumen yang dimiliki oleh perusahaan pembiayaan/finance  bergantung pada kualitas mental dan skill dari CMO itu sendiri.

»» Baca selengkapnya.....

Mafia Leasing

Minggu, 14 Oktober 2012
Mafia Leasing...istilah yang diberikan oleh pihak finance/leasing kepada seseorang yang mempunyai motif dengan sengaja dan terencana melakukan tindakan pidana berupa menggelapkan/menjual/memindahtangankan secara sepihak kendaraan yang merupakan barang yang hak kepemilikannya sebagai jaminan dalam perjanjian pembiayaan konsumen untuk keuntungan pribadi yang berdampak pada kerugian yang ditanggung pihak finance.  Mafia leasing ini memanfaatkan celah kelemahan dalam perjanjian pembiayaan konsumen.  Kelemahan dalam perjanjian pembiayaan konsumen antara lain  adalah barang yang di jaminankan berupa benda bergerak, dan perjanjian pembiayaan konsumen tsb banyak yang tidak mempunyai sertifikat jaminan fidusia karena pihak leasing banyak yang tidak mendaftarkan perjanjian konsumen tsb ke kantor pendaftaran fidusia.

»» Baca selengkapnya.....

Tips aman beli mobil bekas/second

Selasa, 09 Oktober 2012
Membeli mobil bekas/second memang lebih rumit dari pada membeli mobil baru. Kita harus benar-benar jeli dan teliti,  agar   tidak menimbulkan permasalahan baru yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Apalagi dengan masalah yang bersinggungan dengan hukum. GAWAT...!!!..bisa-bisa kita kehilangan uang dan mobil kita tanpa ada yang mau ganti,  karena jelas kendaraan tsb akan disita sebagai barang bukti kejahatan oleh polisi bahkan kita bisa dituduh sebagai penadah kendaraan curian, apa tidak repot.. ???

Jika membeli mobil bekas/second menjadi alternatif pilihan buat kita, ada satu  hal yang harus yang harus benar-benar kita perhitungkan.  Selain memperhitungkan kondisi mobil yang akan kita beli tentunya, yang tak kalah penting adalah memperhitungkan keabsahan kendaraan beserta dokumennya. 

»» Baca selengkapnya.....

Mengungkap Pembantaian Berkedok Dukun santet 1998-2000

Kamis, 04 Oktober 2012
Kejadian berdarah seperti ini berulang-ulang kali terjadi pada masa kepemimpinan rezim Militer Suharto. Dari masa merangkaknya Suharto menguasai negeri ini sampai masa akhir kediktaktorannya, pertumpahan darah dijadikan sebagi cara untuk mempertahankan eksisitensi kekuasaannya.  Suharto menciptakan pola kepemimpinan militer yang memposisikan militer sebagai penguasa semua elemen kehidupan berbangsa dan bernegara. Militer bukan hanya sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan saja tapi sudah meluas menjadi penguasa bidang ekonomi, sosial dan budaya. Instrumen-instrumen yang diciptakan penguasa militer hanya memberikan kebebasan untuk melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan norma-norma kehidupan bernegara,  atau dalam artian militer sebagai kekuatan tunggal  pengendali negara dan penopang kekuasaannya. Jutaan orang telah dibantai dalam sebuah pesta dwi tunggal militer Suharto dalam mempertahankan kekuasaannya. Dan semua kasus tersebut menguap begitu saja, hanya meninggalkan perasaan sakit bangsa ini yang teramat dalam.

»» Baca selengkapnya.....